Upacara Pemakaman Pangeran Philip Hanya Boleh Dihadiri 30 Pelayat

Lavinda
Oleh Lavinda
17 April 2021, 12:48
Upacara pemakaman Pangeran Philip yang akan digelar hari ini, Sabtu (17/4), hanya akan dihadiri langsung oleh 30 pelayat. Pembatasan tersebut dilakukan untuk mewaspadai penularan Covid-19.
ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Boyers/WSJ/dj
Andrew Boyers /WSJ/ Seorang anak memegang buket bunga di depan Kastil Windson setelah Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth diberitakan wafat dalam usia 99 tahun, di Windson, dekat London, Inggris, Jumat (9/4/2021).

Upacara pemakaman Pangeran Philip yang akan digelar hari ini, Sabtu (17/4), hanya akan dihadiri langsung oleh 30 pelayat. Pembatasan tersebut dilakukan untuk mewaspadai penularan Covid-19.

Seperti dikutip Reuters, upacara pemakaman Pangeran Philip akan dilaksanakan di dalam Kapel St George di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris. Pembatasan tamu tetap dilakukan meski upacara tersebut dikenal sebagai ritual kemegahan tradisional dari acara kerajaan Inggris.

Advertisement

Para pelayat dibatasi hanya untuk anggota keluarga kerajaan dan keluarga Philip, tanpa tempat untuk tokoh politik, bahkan untuk Perdana Menteri Boris Johnson sekalipun. Ia hanya bisa menonton acara tersebut di televisi yang disiarkan secara langsung.

Dalam upacara pemakaman juga tidak akan ada prosesi publik, semua pelayat akan memakai masker. Ratu Elizabeth pun akan duduk sendirian untuk mengucapkan salam perpisahan terakhir kalinya kepada sang suami yang telah bersama selama lebih dari tujuh dekade.

"Dia adalah ratu, dia akan berperilaku dengan martabat luar biasa dan keberanian luar biasa yang selalu dia lakukan. Dan pada saat yang sama, dia mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang telah dinikahinya selama 73 tahun," kata Justin Welby, Uskup Agung Canterbury dikutip dari Reuters, Sabtu (17/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement