Tiongkok Dukung Penghapusan Hak Paten Vaksin Covid-19

Lavinda
Oleh Lavinda
14 Mei 2021, 17:06
Pemerintah Tiongkok mendukung proposal WTO terkait penghapusan hak paten pada vaksin Covid-19. Dengan begitu, negara berkembang bisa turut memproduksi vaksin.
ANTARA FOTO/REUTERS/Akhtar Soomro/AWW/sa.
Ilustrasi vaksin Covid-19

Pemerintah Tiongkok mendukung proposal Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) terkait penghapusan perlindungan kekayaan intelektual pada vaksin Covid-19 untuk memasuki tahap konsultasi teks.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung proposal untuk menyisihkan aturan peraturan WTO terkait perlindungan kekayaan intelektual. Pasalnya, hal itu akan membuka jalan bagi negara-negara berkembang untuk memproduksi vaksin sendiri.

Juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok Gao Feng China mengatakan pihaknya mendukung proposal WTO tentang pengecualian intelectual property (IP) untuk bahan antiepidemi, seperti vaksin Covid-19.

"Tiongkok akan bekerja dengan semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam konsultasi dan bersama-sama mempromosikan solusi yang seimbang dan efektif," kata Gao pada konferensi pers di Beijing seperti dikutip Reuters, Kamis (13/5).

Sejauh ini, sebagian besar vaksin Covid-19 masih lebih banyak didistribusikan ke negara-negara maju yang mengembangkan vaksin tersebut. Di sisi lain, pandemi masih melanda negara-negara berkembang, salah satunya India.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...