Pembangunan LRT Jabodebek Tahap 1 Capai 84,6%, Bisa Beroperasi 2022

Cahya Puteri Abdi Rabbi
9 Juni 2021, 09:23
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim progres pembangunan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek sudah mencapai 84,6%.
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.
Suasana pengerjaan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di ruas Jalan Gatot Subroto Jakarta, Sabtu (1/5/2021).

Menteri Perhubungan  (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim progres pembangunan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek tahap pertama sudah mencapai 84,6%. Transportasi yang dibangun oleh dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2022.

“Kami ingin mempersiapkannya dengan waktu yang cukup, untuk melakukan uji dinamis. Aspek keselamatan sangat penting bagi angkutan massal di Indonesia,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6).

Budi mengunjungi Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Selasa (8/6). Kunjungan tersebut dilakukan untuk memerika kesiapan LRT Jabodebek yang rencananya akan dilihat langsung oleh Presiden Joko Widodo hari ini (9/6).

Menurut dia, pembangunan LRT Jabodebek adalah upaya pemerintah dalam menyelesaikan masalah lalu lintas wilayah perkotaan, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

“Tidak hanya itu, pembangunan LRT ini juga memberi kesempatan bagi anak bangsa untuk mempelajari teknologi angkutan massal kereta api,” ujar Budi.

Pembangunan LRT Jabodebek tahap pertama terdiri dari beberapa lintasan. Rinciannya, pertama, lintas pelayanan rute Cawang-Cibubur sepanjang 14,8 kilometer yang saat ini pembangunannya mencapai 93,8%.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...