Warung Favorit Jokowi: dari Teras Rumah, Kini Raup Omzet Jutaan Rupiah

Fahmi Ahmad Burhan
11 Juni 2021, 08:23
Mampir ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, tidak lengkap rasanya jika tak mendatangi restoran Warung Teras. Restoran favorit Presiden RI Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi ini awalnya hanya berupa warung sederhana di depan rumah. Kini, warung tersebut me
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan pelaku usaha disampingi dua staf khususnya, Putri Tanjung (tengah) dan Andi Taufan (kiri) saat kunjungan kerja di Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Mampir ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, tidak lengkap rasanya jika tak mendatangi restoran Warung Teras. Restoran favorit Presiden RI Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi ini awalnya hanya berupa warung sederhana di depan rumah. Kini, warung tersebut menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Pemilik Warung Teras Welly mengatakan, Presiden Joko Widodo pernah datang dua kali ke warung ini pada 2019 lalu. Kepala Negara bersama rombongan kabinetnya, antara lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Staf Khusus Presiden Fadjroel Rachman.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyantap udang goreng, kepiting soka telur asin, kepiting bumbu saos padang, burung dara, sup ikan bumbu kuning, dan buncis telur asin di Warung Teras.

Tidak hanya mampir saat berkunjung ke Kalimantan Utara, beberapa kali perwakilan dari kantor kepresidenan juga datang ke restoran Warung Teras untuk membungkus paket makanan agar bisa disajikan kepada presiden di Jakarta.

Kini, Warung Teras memang sudah menjadi ikon Kota Tarakan. Menurut Welly, setiap kali usai presiden berkunjung, orang-orang akan langsung menyerbu restorannya untuk mencoba menu yang dimakan presiden.

Di dalam restoran itu juga terpajang beberapa tokoh terkenal yang pernah menyantap hidangan Warung Teras. Selain pejabat negara, ada juga beberapa tokoh selebrita dari Jakarta, seperti Ade Rai, grup musik RAN, dan lainnya.

Ia mengatakan, rahasia Warung Teras digandrungi konsumen adalah cita rasanya yang berbeda. "Rasa kelas hotel, tapi harga kelas warung," katanya di Kota Tarakan, Kalimantan Utara pada Kamis (10/6).

Hingga saat ini, Welly bisa meraup omzet hingga ratusan juta setiap bulan. "Omzet cukup buat bangunan lah. Kalau ratusan juta per bulan, pasti tercapai," kata Welly.

Melihat perkembangan yang cukup pesar karena digandrungi banyak orang, Warung Teras berencana ekspansi ke Jakarta. Welly sedang menyiapkan strateginya agar Warung Teras bisa tersedia untuk masyarakat Ibu Kota. 

Menurut Welly, alasannya ingin ekspansi ke Jakarta karena pangsa pasarnya banyak dari sana. Selain itu, ia ingin Warung Teras hadir di Jakarta agar membuat Kota Tarakan semakin dikenal luas.

Hingga kini, Warung Teras juga sudah mempekerjakan 25 karyawan. Ada enam koki yang bertugas menjaga cita rasa dari Warung Teras.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...