Indonesia akan Terima 50 Juta Dosis Vaksin Pfizer Mulai Agustus

Lavinda
Oleh Lavinda
19 Juni 2021, 16:41
Pemerintah akan menerima 50 juta dosis Vaksin Pfizer dari Amerika Serikat (AS) mulai Agustus 2021. Pengiriman akan dilakukan secara bertahap dan digunakan dalam program vaksinasi nasional demi mencegah penyebaran Covid-19.
ANTARA
Seorang pekerja menyiapkan pengemasan obat-obatan padat.

Pemerintah akan menerima 50 juta dosis Vaksin Pfizer dari Amerika Serikat (AS) mulai Agustus 2021. Pengiriman akan dilakukan secara bertahap dan digunakan dalam program vaksinasi nasional demi mencegah penyebaran Covid-19

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan rencana ini sudah dibicarakan dengan pihak perusahaan yang memproduksi Vaksin Pfizer di AS. 

Advertisement

"Ini rencana yang sudah dibicarakan dengan pihak Pfizer ya, semoga tentunya tidak ada perubahan," ujar Siti Nadia kepada Katadata.co.id, Sabtu (19/6).

Siri Nadia juga menyampaikan bahwa pengiriman vaksin dari AS ke Indonesia tidak dilakukan sekaligus sebanyak 50 juta, melainkan secara bertahap sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun, ia enggan menjelaskan lebih detail terkait jadwal pengiriman vaksin tersebut. 

"Pfizer dari Amerika Serikat, semoga tetap sesuai jadwal karena datangnya tidak sekaligus 50 juta," katanya.

Berdasarkan data Kemenkes yang diperoleh Katadata.co.id, Vaksin Pfizer akan mulai dikirimkan ke Indonesia secara bertahap mulai Agustus sampai Desember. Pada Agustus tercatat akan dikirim sebanyak 4,25 juta dosis, September 4,25 juta dosis, Oktober 13,83 juta dosis, November 13,83 juta dosis, dan Desember 13,83 juta dosis vaksin.

Secara akumulasi, Nadia menyampaikan, pemerintah telah mendatangkan 94 juta dosis vaksin dari berbagai produsen. Namun, total vaksin yang sudah didistribusikan kepada masyarakat baru 35 juta dosis. "Dari 94 juta yang diterima, sebanyak 81,5 juta dalam bentuk bulk yang artinya akan jadi vaksin siap 66 juta dosis," ujarnya.

Per 18 Juni 2021, kasus baru harian Covid-19 di Indonesia pada tercatat mencapai 12.990 kasus. Jumlah ini mencapai rekor setelah pada 17 Juni 12.624 kasus, dan 16 Juni 9.944 kasus.

Penyumbang terbanyak ialah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 4.737 kasus. Dengan tambahan ini, maka kenaikan positif Covid-19 di Ibu Kota mencetak rekor tertinggi, melampaui 4.213 pada 7 Februari lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement