Luhut Sebut Covid-19 Delta Tersebar Lebih Cepat di Kawasan Industri

Lavinda
Oleh Lavinda
27 Juli 2021, 06:57
Luhut Pandjaitan Hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menyebutkan Covid-19 varian delta tersebar secara lebih cepat di wilayah industri dibandingkan nonindustri.
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (1/12).

Hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menyebutkan Covid-19 varian delta tersebar secara lebih cepat di wilayah industri dibandingkan nonindustri. Maka itu, pengetatan protokol kesehatan di wilayah industri perlu terus dilakukan agar tidak menjadi klaster baru.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM di Wilayah Industri, Senin (26/7). 

"Hasil pemantauan sampai saat ini menunjukkan tingginya intensitas cahaya pada malam hari, yang mengindikasikan adanya kegiatan. Ini paling banyak ditemukan di daerah industri. Oleh sebab itu, kami evaluasi lagi, perketat prokes agar tidak terjadi klaster baru," katanya dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/7).

Pemerintah terus mengevaluasi implementasi PPKM, termasuk di wilayah industri. Hal itu bertujuan untuk mencegah munculnya klaster Covid-19 dari kawasan industri, antara lain Kabupaten Bekasi, Karawang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bogor, Kudus, Sidoarjo, Mojokerto, dan Gresik.

Berdasarkan data dari Kabupaten Karawang, Covid-19 varian delta tersebar secara lebih cepat di wilayah industri dibandingkan nonindustri. Akan tetapi, dampak peningkatan aktivitas industri terhadap peningkatan kasus Covid-19 dapat dimitigasi dengan penerapan prokes secara ketat.

"Saya minta agar protokol kesehatan untuk industri perlu dibuat secara lebih terperinci lagi dengan menggunakan best practice dari Kudus," kata Luhut.

Menurut Koordinator PPKM Jawa dan Bali itu, implementasi protokol kesehatan yang ketat itu akan menjadi standar bagi seluruh industri agar tetap beroperasi.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...