Positif Covid-19, Deddy Corbuzier Sempat Kritis dan Hampir Meninggal

Lavinda
Oleh Lavinda
22 Agustus 2021, 11:44
Deddy Corbuzier, Covid-19
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pembawa Acara Deddy Corbuzier

Pembawa Acara yang juga dikenal sebagai Youtuber Deddy Corbuzier akhirnya kembali membuat podcast setelah dua pekan menghilang dari seluruh akun sosial medianya. Dia mengungkapkan alasannya menghilang karena dinyatakan positif Covid-19 dan terkena badai sitokin (cytokine storm).

Meski diawali dengan kondisi tubuh yang sehat dan terkena Covid-19 tanpa gejala, deddy akhirnya didiagnosis memiliki kondisi paru-paru yang rusak 60% hanya dalam dua hari.

Advertisement

"Saya sakit, kritis, hampir meninggal karena badai cytokine, lucunya dengan keadaan sudah negatif. yes it's Covid-19 (ya ini Covid-19)," ujar Deddy dalam unggahan Youtube-nya, Minggu (22/8).

Pria bernama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo itu mengaku tertular karena mengurusi beberapa anggota keluarganya yang positif Covid-19. Saat itu, dia merasa percaya diri karena selalu menjaga pola hidup sehat sehingga menganggap dirinya memiliki fisik yang kuat.

"Di saat pekan kedua saya sudah negatif, tetapi malamnya malah mengalami demam hampir 40 derajat, dan vertigo," katanya.

Kemudian, kondisinya memburuk hingga akhirnya memasuki momentum badai sitokin. Deddy harus menjalani perawatan intensif dan menghadapi masa kritis.

"Jenderal Lukman Waka RSPAD Dr Wenny Tan hingga Dr Gunawan turun tangan semaksimal mungkin untuk menstabilkan keadaan saya keluar dari masa kritis. Yes its a life and death situation (Ya ini situasi hidup dan mati)," kata Deddy.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement