Mengenal Badai Sitokin, Kondisi Kritis Deddy Corbuzier usai Kena Covid

Lavinda
Oleh Lavinda
22 Agustus 2021, 14:14
Badai Sitokin, Covid-19
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ara Wiraswara (39), seorang ASN, menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Bogor.

Pembawa Acara sekaligus Youtuber Deddy Corbuzier dinyatakan positif Covid-19, hingga akhirnya memasuki kondisi Cytokine Storm (Badai Sitokin) dan sempat dinyatakan kritis. Bahkan, kondisi paru-paru Deddy dinyatakan rusak 60%. Sebenarnya apa yang dimaksud Badai Sitokin? 

Badai sitokin merupakan salah satu komplikasi yang bisa dialami penderita Covid-19 yang umumnya menyerang jaringan paru-paru dan pembuluh darah.

Advertisement

Dikutip dari alodokter, Sitokin merupakan salah satu protein yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam kondisi normal, sitokin membantu sistem imun berkoordinasi dengan baik dalam melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Namun, jika diproduksi secara berlebihan, sitokin justru menyebabkan kerusakan di dalam tubuh. Hal ini yang disebut sebagai badai sitokin. Badai sitokin terjadi ketika tubuh melepas terlalu banyak sitokin ke dalam darah pada jangka waktu sangat cepat. Kondisi ini membuat sel imun justru menyerang jaringan dan sel tubuh yang sehat, sehingga menyebabkan peradangan.

Dr. Gunawan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Medistra yang menangani Deddy Corbuzier menyampaikan, perjalanan masuknya Covid-19 ke dalam tubuh memiliki beberapa tahapan. Pada pekan pertama adalah awal viremia atau kondisi masuknya virus dan bereplikasi di dalam tubuh.

"Maka itu muncul respon imun, sel darah putih mengenali bahwa ini adalah virus," ujar dr Gunawan dalam video Youtube di akun Deddy Corbuzier, Minggu (22/8).

Menurut dia, di dalam teori, orang yang sehat bisa saja tidak terkena Covid-19 tanpa gejala dan kembali sehat dengan cepat. Tetapi kadang, respon imun bisa jadi berlebihan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement