PPKM Jawa Bali Lanjut sampai 20 September, Bali Turun Jadi Level 3

Lavinda
Oleh Lavinda
13 September 2021, 20:25
PPKM, Covid-19
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pemerintah memutuskan memperpanjang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Bali hingga 20 September mendatang. Provinsi Bali berhasil turun dari PPKM Level 4 menjadi Level 3. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan ini diambil lantaran indikator penularan Covid-19 sepanjang sepekan semakin membaik. Beberapa adalah penambahan kasus, perawatan pasien, dan angka kematian.

"Pemerintah akhirnya menurunkan Provinsi Bali menjadi level 3, sehingga dari 11 kota/kabupaten level 4 pada pekan lalu, hari ini jumlahnya berkurang menjadi hanya 3 kota/kabupaten saja," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Dia menyampaikan penerapan PPKM menunjukkan perbaikan signifikan dan capaian yang sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari penurunan tren kasus konfirmasi secara nasional hingga 93,5%, dan secara spesifik Jawa-Bali 96% dari titik puncak 15 Juli lalu. Jumlah kasus aktif menurun menjadi di bawah 100 ribu pada hari ini.

"Tapi kehati-hatian kita sangat penting, kecepatan vaksinasi dan implementasi pedulilindungi dan protokol kesehatan masih tertinggal," katanya.

Maka itu, pemerintah akan terus memberlakukan level PPKM di seluruh Jawa-Bali, melakukan evaluasi setiap pekan hingga menekan kasus konfirmasi. "PPKM adalah alat kami untuk memonitor kasus Covid-19 agar tak terjadi gelombang berikutnya," ujarnya.

Sebelumnya ahli meminta PPKM terutama di Jakarta hingga Jawa dan Bali ditahan minimal dua pekan. Hal ini lantaran pemerintah perlu menyiapkan perubahan perilaku dan protokol kesehatan masyarakat di publik. Apalagi hingga saat ini penerapan protokol dalam aktivitas belum sepenuhnya berjalan baik.

"Protokol kesehatan di publik, instansi pemerintah, BUMN, hingga swasta ini masih banyak kelemahan," kata epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman kepada Katadata.co.id, Senin (13/9).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...