Indonesia Negara Asia ke-5 yang Jadi Tuan Rumah KTT G20

Lavinda
Oleh Lavinda
14 September 2021, 20:13
G20
123RF
G20

Indonesia ditunjuk menjadi presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022 mendatang. Artinya, Tanah Air akan menjadi negara Asia ke-5 yang menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin dunia, setelah Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Arab Saudi. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan KTT G20 akan berlangsung pada periode 1 Desember 2021-30 November 2022 dengan terdapat 150 pertemuan dengan site event. 

Rangkaian pertemuan terdiri dari, berbagai kelompok kerja (working group), termasuk pertemuan tingkat menteri keuangan, dan dihadiri pula seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan. KTT G20 akan dihadiri dengan jumlah delegasi 500 hingga 5.800 untuk setiap acara sepanjang tahun.

"Pertemuan dilakukan secara hibrid dengan mempertimbangkan kondisi pengendalian covid, dan dilakukan secara fisik sesuai parameter yang ada," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers Menuju Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 virtual, Selasa (14/9).

Menurut Airlangga, pemerintah akan memastikan pertemuan mengikuti parameter kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan prosedur sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sesuai persyaratan vaksinasi dengan ketersediaan rumah sakit klasifikasi A.

Adapun, presidensi KTT G20 akan mengusung tema utama 'Recover Together, Recover Stronger', dengan lima pilar prioritas. Kelima pilar yang dimaksud ialah, peningkatan produktivitas untuk pemulihan, membangun ekonomi dunia yang tangguh pasca pandemi, dan menjamin pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...