HUT TNI, Jokowi Minta Kebijakan Belanja Pertahanan Jadi Investasi

Rizky Alika
5 Oktober 2021, 10:01
Jokowi, TNI, Alutsista
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Prajurit TNI dengan sepeda motor melakukan defile dalam Gladi Bersih HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta TImur, Kamis (3/10/2019).

Presiden Joko Widodo memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI). Dalam upacara tersebut, Jokowi meminta kebijakan belanja sektor pertahanan digeser menjadi kebijakan investasi yang dapat bermanfaat dalam waktu panjang.

"Kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang," kata Jokowi saat Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/10).

Menurutnya, investasi pertahanan harus dirancang secara sistematis, dijalankan secara konsisten, dan berkelanjutan. Selain itu, perlu sistem pertahanan keamanan yang defensif dengan pertahanan yang berlapis.

Perwira dan prajurit TNI juga diimbau untuk memetakan lompatan teknologi militer dalam berinvestasi pertahanan yang terencana. "Modernisasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan," ujar dia.

Kepala Negara juga meminta TNI untuk mengadopsi inovasi teknologi mutakhir untuk Tanah Air. Kemudian, TNI diharapkan dapat bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian, dan penguatan industri pertahanan dalam negeri. Hal ini untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni.

Dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, Kepala Negara berharap transformasi pertahanan dapat dilanjutkan. Pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern harus dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi militer terkini.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...