Turis Asing Bisa ke Bali, Maskapai BUMN Buka Penerbangan Internasional

Lavinda
Oleh Lavinda
6 Oktober 2021, 07:47
Bali, Erick Thohir
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Wisatawan menikmati suasana Pantai Perancak, Badung, Bali, Kamis (9/9/2021).

Pemerintah mulai membuka Bali untuk wisatawan mancanegara dari beberapa wilayah tertentu mulai 14 Oktober. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung kesiapan aktivitas tersebut, salah satunya dengan menambah akses penerbangan internasional ke Bali.

Hal tersebut dinyatakan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengadakan pertemuan dengan Gubernur Bali Wayan Koster di Gedung Jayasabha, Denpasar, Selasa (5/10). 

Advertisement

Erick menyampaikan pihaknya akan memaksimalkan perusahaan pelat merah terkait untuk mendukung aktivitas pariwisata di Bali, demi membangkitkan ekonomi Bali. Hal itu tentu tanpa mengabaikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas.

"Misalnya, kesiapan dan kewaspadaan Angkasa Pura sebagai pengelola bandara, lalu penambahan akses penerbangan ke Bali melalui Garuda atau Citilik, serta menyiapkan fasilitas kesehatan di Bali yang melibatkan BUMN Holding Rumah Sakit dan Holding Farmasi," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10).

Secara rinci dijelaskan, BUMN terkait akan mendukung kesiapan dan kewaspadaan di Bandara Internasional Ngurah Rai sebagai akses utama para wisatawan. "Harus benar-benar terjaga dan ditingkatkan, agar dalam kondisi yang tidak ada jaminan penuh terproteksi ini, para turis dan masyarakat tetap menomorsatukan kedisplinan dengan selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan," katanya.

Menurut Erick, meski dipenuhi antusiasme dan optimisme yang tinggi, rencana pembukaan kembali penerbangan internasional ke Bali harus terus diiringi dengan kesiapan dan kewaspadaan atas penyebaran Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement