WHO Mulai Kirim Bantuan Medis Covid-19 ke Korea Utara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
8 Oktober 2021, 09:15
WHO
ANTARA/Shutterstock
Ilustrasi, logo WHO. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menemukan varian baru virus corona di luar Inggris.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan bantuan pasokan medis untuk penanganan Covid-19 ke Korea Utara. Dalam laporan mingguannya disebutkan, pengiriman untuk memenuhi cadangan medis itu dilakukan melalui Pelabuhan Dalian, Cina.

Dilansir dari Aljazeera, WHO belum memberikan keterangan lebih rinci mengenai jenis barang yang masuk dalam kiriman tersebut, termasuk jadwal pasokan medis itu sampai ke Korea Utara.

Penyetujuan untuk menerima bantuan dari luar ini merupakan tanda bahwa Korea Utara mulai melonggarkan kebijakannya. Korea Utara diketahui merupakan salah satu negara dengan kebijakan penutupan perbatasan pandemi paling ketat di dunia.

Ini juga menggambarkan kampanye anti-virusnya sebagai masalah nasional. Korea Utara telah membatasi lalu lintas dan perdagangan lintas batas selama dua tahun terakhir, meskipun ada tekanan kelumpuhan ekonomi.

Pada Agustus lalu, penyidik hak asasi manusia PBB meminta pemerintah Korea Utara mengklarifikasi tuduhan bahwa mereka memerintahkan pasukannya untuk menembak setiap pelanggar yang melintasi perbatasannya dan melanggar penutupan pandemi.

Sementara itu, Korea Utara belum melaporkan satu pun kasus Covid-19. Namun, para ahli luar meragukan bahwa negara itu bisa lolos dari penyakit yang telah menjangkiti hampir setiap negara di dunia. Pemerintah Korea Utara mengatakan pada WHO bahwa mereka telah menguji sebanyak 40.700 orang hingga 23 September lalu, dan semua hasilnya negatif.

Para ahli mengatakan epidemi di Korea Utara bisa menghancurkan negara tersebut, mengingat sistem perawatan kesehatannya yang buruk dan kekurangan pasokan medis yang kronis.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...