Swasta Boleh Jual Vaksin Booster, Kalbe Farma Siapkan Uji Klinis

Rizky Alika
15 Desember 2021, 19:54
Vaksin
ANTARA FOTO/FAUZAN/rwa.
Petugas kargo membawa boks berisi vaksin COVID-19 AstraZeneca setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (2/9/2021).

Pemerintah mengizinkan pihak swasta untuk mengimpor dan menjual vaksin booster Covid-19. PT Kalbe Farma Tbk pun akan menyiapkan pengadaan vaksin booster untuk tahun depan.

"Kami berupaya mempersiapkan uji klinis calon-calon vaksin yang bisa digunakan untuk kebutuhan ke depan. Apakah nanti bisa dilakukan untuk booster dan tahap-tahap berikutnya," kata Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius dalam diskusi daring IDX Channel, Rabu (15/12).

Advertisement

Menurutnya, Kalbe Farma tengah memproses uji klinis tersebut dengan instansi terkait. Ia berharap, pengadaan vaksin bisa dilakukan pada tahun depan. Menurut dia, kebutuhan vaksin di Indonesia cukup tinggi.

"Dengan dikerjakan sama-sama, saya rasa kebutuhan vaksinasi akan tercapai dengan baik," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, vaksin booster akan terbagi menjadi dua skema, yaitu gratis dan berbayar. Pengadaan vaksin gratis akan dilakukan oleh APBN. Sementara, pengadaan vaksin berbayar dilakukan perusahaan farmasi.

Kebutuhan vaksin booster gratis akan digunakan untuk lansia sebanyak 24 juta dosis, sementara kebutuhan untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) non-lansia sebanyak 68,4 juta dosis.

Dengan demikian, total kebutuhan vaksin untuk dosis tambahan yang dibiayai negara sebanyak 92,4 juta dosis. Sedangkan, total kebutuhan vaksin booster berbayar mencapai 139 juta dosis.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, ada sejumlah ketentuan bagi swasta dalam mengadakan vaksin booster.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement