Riset Rusia: Vaksin Sputnik V Efektif Lawan Covid-19 Varian Omicron

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Desember 2021, 14:25
Sputnik, Omicron
ANTARA FOTO/REUTERS/Manaure Quintero/WSJ/dj
Pekerja berhati-hati memindahkan vaksin Sputnik V milik Rusia untuk melawan penyakit virus corona (COVID-19) di bandara, di Karakas, Venezuela, Senin (29/3/2021).Manaure Quintero/WSJ/

Vaksin Sputnik V asal Rusia dianggap lebih tangguh dalam menetralkan virus Covid-19 varian Omicron dibandingkan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Hasil studi yang dilakukan The Gamaleya Center bersama The Russian Direct Investment Fund (RDIF) menunjukkan, Sputnik V hanya berkurang tiga hingga tujuh kali dalam aktivitas menetralkan virus Omicron dibanding Pfizer-BioNTech, yang berkurang 41 kali, dan Moderna 49-84 kali.

Advertisement

“Sejauh ini, Sputnik V menunjukkan hasil terbaik dalam menetralisasi virus Omicron jika dibandingkan dengan vaksin lain,” kata Presiden Direktur RDIF Kirill Dmitriev dalam konferensi pers virtual dikutip Antara, Sabtu (18/11).

Penelitian dilakukan menggunakan serum dengan periode sekitar enam bulan setelah vaksinasi. Indikator perlindungan Sputnik V lebih lama dibanding periode vaksin lain yang lebih singkat, yakni Pfizer-BioNTech 12-27 hari dan Moderna 28 hari.

Selain itu, Sputnik V memunculkan respons sel T yang kuat dan tahan lama, dan karena 80% epitop dalam lonjakan protein tidak terpengaruh oleh mutasi pada varian Omicron. Karena itu, Sputnik V diharapkan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap penyakit yang disebabkan Omicron.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement