Penerima Vaksin Booster Tak Bisa Pilih Merek

Rizky Alika
13 Januari 2022, 20:48
Vaksin
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito memberikan keterangan pers terkait vaksin COVID-19 booster atau vaksin lanjutan di Kantor BPOM, Jakarta, Senin (10/1/2022).

Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) bisa dilakukan dengan kombinasi merek. Namun, pemerintah mengatakan penerima vaksin booster tidak bisa memilih merek vaksin yang ingin digunakan.

Saat ini, penerima vaksin corona dosis primer atau dosis 1 dan 2 Sinovac bisa disuntik booster dengan AstraZeneca atau Pfizer setengah dosis. Sementara itu, penerima vaksin primer AstraZeneca bisa mendapatkan booster Moderna atau Pfizer setengah dosis.

"Booster tergantung nanti stok di fasilitas kesehatan adanya apa. Kalau pas ada Pfizer, ya Pfizer. Kalau pas AstraZeneca, ya disuntik AstraZeneca," kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi daring, Kamis (13/1).

Menurutnya, calon penerima vaksin tidak bisa memilih vaksin booster yang ia inginkan. Sebab, penelitian menunjukkan berbagai merek booster menunjukkan peningkatan titer antibodi dalam jumlah yang sama.

Peningkatan titer antibodi dalam jumlah rendah hanya terjadi apabila booster dilakukan dengan merek yang sama. Ssebagai contoh, penerima vaksin primer Sinovac disuntik booster dengan Sinovac.

"Vaksinasi mix itu mendapatkan titer antibodi lebih tinggi. Tentu kita mau yang maksimal," ujar Nadia.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan kelompok prioritas, yaitu lansia dan orang dengan gangguan imun untuk mengecek tiket vaksinasi booster melalui aplikasi PeduliLlindungi.

Kelompok prioritas yang telah lebih dari enam bulan sejak vaksinasi dosis kedua akan mendapatkan tiket elektronik vaksin booster. Tiket elektronik itu dapat ditunjukkan ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...