Menaker Siapkan Aturan Baru Cegah Kekerasan Seksual di Tempat Kerja

Lavinda
Oleh Lavinda
6 Maret 2022, 10:50
Menaker
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyiapkan aturan baru untuk mencegah kekerasan seksual di tempat kerja. Nantinya, beleid akan berbentuk Keputusan Menaker (Kepmenaker) yang ditargetkan rampung tahun ini.

Sebelumnya, terdapat Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: SE.03/MEN/IV/2011 tentang Pedoman Pencegahan Pelecehan Seksual di Tempat Kerja. Nantinya, aturan itu akan ditingkatkan menjadi Kepmenaker.

Advertisement

Dalam sebuah diskusi yang membahas diskriminasi perempuan, Ida mengatakan, meski partisipasi perempuan sudah meningkat, salah satu ancaman terbesar bagi perempuan adalah kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.

Menurut dia, Kepmenaker disusun seraya menunggu waktu pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) menjadi Undang-Undang oleh DPR.

“Kami sedang menyiapkan Kepmenaker, tapi kami tetap melihat perkembangan pembahasan di DPR. Kalau molor dan tak ada kepastian waktu pengesahan, kami akan dahulukan Kepmenaker ini," ujar Ida dalam acara bincang bertajuk 'Jurnalis Perempuan Dobrak Bias dan Diskriminasi' seperti dikutip Antara, Sabtu (6/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement