KSP Kecam Penembakan Petugas Palapa Ring di Papua

Lavinda
Oleh Lavinda
6 Maret 2022, 17:22
Papua
Palapa Timur Telematika
Proses pembangunan proyek palapa ring timur menggunakan helikopter

Sebanyak delapan petugas PT Palapa Ring Timur Telematika (PTT) meninggal dunia saat memperbaiki menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Kamis (3/3). Hal itu diduga terjadi akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Menanggapi hal itu, Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani mengatakan, pihaknya mengecam tindak pidana tersebut. Menurut dia, seluruh korban sedang melaksanakan tugasnya demi mempermudah akses komunikasi masyarakat.

"Pekerjaan tersebut justru mendukung kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses komunikasi dan konektivitas. Akses komunikasi itu akan memudahkan kegiatan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi warga, yang seharusnya didukung," ujar Jaleswari dalam keterangan tertulis dikutip, Minggu (6/3).

Berdasarkan data Kantor Staf Presiden, pada periode Januari hingga awal Maret 2022, tercatat setidaknya ada tujuh dugaan tindak pidana yang dilakukan KKB pada beberapa distrik di Provinsi Papua.

Kejadian-kejadian tersebut telah menelan 18 korban, dengan 13 korban yang meninggal dunia dan 5 korban yang mengalami luka-luka. Korban mencakup anggota TNI dan masyarakat sipil.

Menurut dia, para petugas telah memperjuangkan persatuan bangsa dengan menjaga jaringan konektivitas. "Saya meminta agar para aparat terkait melakukan penegakan hukum secara tegas, tuntas, dan proporsional atas tindak pidana tersebut."

Sebelumnya pada 2021, pemerintah telah merencanakan pembangunan infrastruktur 4.200 unit BTS di Papua dan Papua Barat. Lebih dari 60% titik dibangun di Papua dan Papua Barat. Dengan demikian, masyarakat Papua dan Papua Barat diharapkan dapat menikmati jaringan telekomunikasi 4G.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...