Menteri Sandiaga Tegaskan Konser Musik Sudah Bisa Digelar di Indonesia

Lavinda
Oleh Lavinda
27 Maret 2022, 08:37
Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/wsj.
FOTO ARSIP: Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno tiba untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Senin (13/8/2018). Presiden Joko Widodo menugaskan Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan penyelenggaraan ajang musik dan ekonomi kreatif sudah dapat digelar saat ini, karena situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali. Syaratnya, konser digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi lengkap.

“Presiden (Joko Widodo) hadir sendiri dan memerintahkan kami dan Polri bahwa ajang musik dan ekonomi kreatif lainnya difasilitasi agar mendapatkan izin,” ucapnya saat mengunjungi Joyland Festival di Taman Bhagawan Nusa Dua, Bali, seperti dikutip Antara, Minggu (27/3).

Advertisement

Menurut dia, Presiden Jokowi memerintahkan pihaknya memudahkan perizinan ajang musik maupun ekonomi kreatif, mengingat selama dua tahun terakhir pecinta musik dan seniman di Indonesia sudah rehat dalam mengadakan konser.

Penyanyi solo perempuan, Raisa, telah meminta untuk menggelar konser tunggal perempuan pertama di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. “Ini tentunya membuka suatu semangat baru," ujar Sandiaga.

Jika setiap penonton telah menerapkan prokes dan melakukan vaksinasi lengkap maupun penguat, Sandiaga menganggap industri ini kian menggeliat sehingga mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

"Arahan Bapak Presiden konser musik ini sudah bisa jalan, untuk pembatasan penonton nanti kami bicarakan bersama dengan penyelenggara. Hal yang penting sudah vaksin lengkap, 'booster' lebih baik,” katanya.

Pengusaha pemilik sejumlah perusahaan ini juga mengajak para penyelenggara kegiatan dan pelaku yang bergerak di sektor ekonomi kreatid untuk menggagas kegiatan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersedia dihubungi guna memperlancar upaya jika penyelenggara mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatannya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement