Hadapi Musim Mudik 2022, Hutama Karya Terapkan Teknologi Toll Road 4.0

Andi M. Arief
5 April 2022, 20:04
Hutama Karya
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/YU
Suasana proyek pembangunan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang dibangun PT Hutama Karya, Senin (28/3/2022).

PT Hutama Karya (Persero) menerapkan teknologi Toll Road 4.0 dalam pengoperasian seluruh ruas tol perseroan. Artinya, seluruh tol Hutama Karya telah dioperasikan secara digital.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan beberapa teknologi yang dimaksud adalah Intelligent Traffic System (ITS), Weigh in Motion (WIM), Smart CCTV,  dan perekaman data menggunakan Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS). 

"Penerapan teknologi dan inovasi yang ada di jalan tol dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan memantau lalu lintas terkini dari ruas-ruas tol yang ingin dilintasi," kata Koentjoro dalam keterangan tertulis yang dikutip Selasa (5/4). 

Koentjoro menyebutkan, ITS yang digunakan perseroan sudah menggunakan Artificial Intelligence dalam sistemnya. Menurutnya, teknologi ini memungkinkan perseroan melakukan pengawasan terhadap beberapa faktor, seperti pendapatan tol, kondisi lalulintas, penanganan jalan berlubang, pengendalian kendaraan Over Dimension dan Over Load (ODOL), dan lainnya. 

Sementara itu, teknologi WIM dapat mengukur beban kendaraan tanpa berhenti. Alhasil, kendaraan yang lewat akan secara otomatis terdeteksi beban kendaraannya.. 

"Jika melewati standar JBI (Jumlah Berat yang Diizinkan), maka kendaraan tersebut tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan dan diharuskan keluar melalui gerbang tol terdekat,” kata Koentjoro. 

Di samping itu, Koentjoro mengatakan Smart CCTV dapat mendeteksi kecelakaan di jalan tol secara otomatis. Selain itu, Smart CCTV juga dapat menghitung jumlah kendaraan dan pelanggaran lalu lintas secara waktu berjalan.  

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...