AS Terapkan Sanksi pada Dua Putri Putin, Ini Profilnya

Lavinda
Oleh Lavinda
7 April 2022, 21:57
Rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Antonio Bronic/WSJ/dj
Antonio Bronic. Seekor anjing berkemih ke dinding dengan grafiti bergambar Presiden Rusia Vladimir Putin sementara Serbia mengadakan pemilihan umum pada hari Minggu, di Beograd, Serbia, Sabtu (2/4/2022).

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menerapkan saksi terbaru terhadap Rusia. Kali ini, sasarannya adalah dua putri Presiden Rusia Vladimir Putin, yakni Putin Katerina Vladimirovna Tikhonova dan Maria Vladimirovna Vorontsova. 

Kedua nama itu masuk dalam daftar target sanksi Kementerian Keuangan AS. Dilansir Reuters, para pejabat AS meyakini kedua perempuan tersebut menyembunyikan kekayaan sang ayah.

Berdasarkan rincian dalam daftar sanksi AS yang diumumkan Rabu (6/4) waktu setempat, Katerina diketahui merupakan seorang eksekutif bidang teknologi dan sektor pertahanan yang bekerja untuk mendukung pemerintah Rusia.

Putrinya yang lain, Maria memimpin program yang didanai pemerintah Rusia. Ia juga telah menerima miliaran dolar dari Kremlin untuk penelitian genetika yang secara pribadi diawasi oleh Putin.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan pihaknya memiliki alasan untuk meyakini Putin dan banyak kroninya menyembunyikan kekayaan dan aset mereka. Menurut pejabat tersebut, anggota keluarga Putin bahkan menempatkan aset dan kekayaan mereka di sistem keuangan AS, dan banyak bagian lain dari dunia.

"Kami percaya banyak aset Putin disembunyikan dengan anggota keluarga, dan itulah mengapa kami menargetkan mereka," kata seorang pejabat senior pemerintah AS dikutip dari Reuters, Kamis (7/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...