Jepang Usir Delapan Diplomat Rusia, Efek Invasi Ukraina

Pemerintah Jepang juga berencana mengurangi impor batu bara Rusia secara bertahap.
Image title
Oleh Lavinda
8 April 2022, 20:55
Jepang
ANTARA FOTO/REUTERS/Sputnik/Alexey Nikolsky/Kremlin /rwa/sad.
Presiden Rusia Vladimir Putin

Pemerintah Jepang mengusir delapan diplomat Rusia pada Jumat (8/4) hari ini. Hal tersebut merupakan reaksi ketidaksepahaman Negeri Sakura atas aksi Rusia yang melakukan pembunuhan terhadap warga sipil Ukraina. 

Dikutip dari Reuters, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, sejumlah pejabat yang diusir merupakan petinggi dari sektor perdagangan Rusia, alih-alih duta besar Rusia Mikhail Galuzin.

Pada hari yang sama, Menteri Perindustrian Jepang menyebutkan, pemerintah berencana mengurangi impor batu bara Rusia secara bertahap. Hal ini dilakukan sembari mencari pemasok lain setelah menjatuhkan sanksi terhadap Moskow.

Perdana Menteri Fumio Kishida akan segera mengumumkan sanksi tambahan untuk Rusia.

Advertisement

Aksi pengusiran ini merupakan langkah yang sangat jarang dilakukan oleh Jepang. Namun dalam sejarahnya, Jepang pernah melakukan tindakan yang sama beberapa kali selama era Soviet. 

Sebelumnya, negara-negara Uni Eropa, seperti Prancis dan Jerman, juga mengusir diplomat Rusia pekan ini.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Moskow mengelak telah menargetkan warga sipil dalam konflik di Ukraina, negara tempat mereka meluncurkan Operasi Khusus.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait