Jasa Marga Imbau Pemudik Tak Pulang saat Puncak Arus Balik Lebaran

Andi M. Arief
5 Mei 2022, 21:24
Jasa Marga
ANTARA FOTO/Siswowidodo/nz
Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Ngawi - Kertosono di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pemudik untuk tidak pulang pada puncak Arus Balik 2022 atau pada 9 Mei 2022. Perusahaan pengelola jalan tol milik negara ini mengarahkan pemudik untuk kembali menuju tempat tinggalnya pada 6-8 Mei 2022 atau setelah 9 April 2022. 

Perseroan menyatakan telah siap menerapkan rekayasa satu arah atau one way pada periode arus balik 2022. Hal tersebut dinilai penting karena kendaraan dari arah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan serentak menuju wilayah Jabodetabek. 

Advertisement

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, rekayasa one way tersebut akan dilakukan berdasarkan jumlah kendaraan per jam yang melewati gerbang tol (GT) utama ke arah Jakarta. Adapun, GT yang dimaksud adalah GT Kalikangkung, GT Palimanan Utama, GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama.

"Perubahan jadwal ataupun lokasi pemberlakuan one way sangat mungkin terjadi, mengingat dinamisnya lalu lintas nanti," kata Heru dalam keterangan resmi, Kamis (5/5). 

Secara rinci, indikator pemberlakuan one way tersebut antara lain :

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement