BMKG Perkirakan Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Lavinda
Oleh Lavinda
8 Mei 2022, 08:55
BMKG
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Minggu (8/5).

Berdasarkan laporan tertulis, BMKG menerbitkan peringatan dini terkait adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Advertisement

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, Daerah Konvergensi terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga pesisir barat Aceh, di perairan Kepulauan Bangka Belitung, di perairan selatan Jawa Tengah-Jawa Barat, di Laut Jawa.

BMKG Melaporkan daerah konvergensi juga terpantau dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah, dari Laut Flores hingga Laut Sumbawa, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan bagian selatan, dari perairan Kepulauan Sangihe-Talaud hingga Laut Sulawesi, dan di Papua.

BMKG menyampaikan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement