BMKG Perkirakan Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Wilayah Hari Ini

BMKG memperkirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jaw
Image title
Oleh Lavinda
8 Mei 2022, 08:55
BMKG
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Minggu (8/5).

Berdasarkan laporan tertulis, BMKG menerbitkan peringatan dini terkait adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, Daerah Konvergensi terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga pesisir barat Aceh, di perairan Kepulauan Bangka Belitung, di perairan selatan Jawa Tengah-Jawa Barat, di Laut Jawa.

Advertisement

BMKG Melaporkan daerah konvergensi juga terpantau dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah, dari Laut Flores hingga Laut Sumbawa, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan bagian selatan, dari perairan Kepulauan Sangihe-Talaud hingga Laut Sulawesi, dan di Papua.

BMKG menyampaikan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Khusus di Jawa Timur, cuaca diperkirakan cerah, berawan, dan hujan ringan hingga sedang pada pagi hari. Sementara di siang hingga sore hari, BMKG memperkirakan cuaca cerah, berawan, hujan Ringan, dan hujan lebat disertai petir.

Sementara itu, cuaca diperkirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan, dan hujan lebat disertai petir pada malam hari.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspadai dengan adanya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang dan sore hari di wilayah Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, dan Ponorogo.

Selain itu, di Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait