Buruh Unjuk Rasa Menuntut Turunkan Harga Bahan Pokok dan BBM

Lavinda
Oleh Lavinda
14 Mei 2022, 18:25
Hari Buruh
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sejumlah massa buruh dan mahasiswa menggelar aksi memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 2021 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021).

Massa yang tergabung dalam kelompok buruh menggelar aksi demonstrasi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5). Kelompok buruh menyuarakan 18 tuntutan dalam kegiatan unjuk rasa dan May Day Fiesta.

Beberapa tuntutan buruh antara lain, meminta pemerintah untuk menurunkan harga bahan pokok, bahan bakar minyak dan gas. Selain itu, mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT), menolak revisi UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dan menolak revisi UU Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Kelompok buruh yang terdiri dari, Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia melaksanakan dua kegiatan pada Sabtu (14/5) hari ini. Pada pukul 10.00–12.00 WIB terdapat aksi unjuk rasa di DPR RI, dan May Day Fiesta di GBK pukul 13.00–17.30 WIB. Acara May Day Fiesta juga diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan partai buruh dari negara lain.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, pengemudi ojek online layak mendapat dana pensiun sama seperti pekerja pada umumnya.

"Mereka berhak mendapat hak-hak sebagai pekerja, upah layak, jaminan kesehatan, jaminan pensiun dan jaminan jaminan lain," kata Said dalam jumpa persnya di depan gedung DPR MPR RI, seperti dikutip Antara, Sabtu (14/5).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...