KAI Catat 4,39 Juta Penumpang saat Lebaran 2022, 139% di Atas Target

Lavinda
Oleh Lavinda
14 Mei 2022, 14:03
KAI
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Rangkaian KRL Commuter Line melintas di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Kamis (12/5/2022).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melayani sekitar 4,39 juta pelanggan selama 22 hari masa angkutan Lebaran 2022, yakni sejak H-10 atau 22 April sampai H+10 atau 13 Mei 2022.

Secara rinci dipaparkan, KAI telah mengangkut sebanyak 2,55 juta pelanggan kereta api jarak jauh dengan okupansi 95% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan. Sementara itu, perjalanan kereta api lokal tercatat sebanyak 1,83 juta pelanggan.

"Jumlah ini mencapai 139% jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 3,15 juta pelanggan," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/5).

Jumlah tersebut juga mencapai 64% jika dibandingkan dengan total pelanggan pada angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu pada 2019, sebanyak 6,84 juta pelanggan.

Selama Lebaran 2022, KAI mengoperasikan total 4.714 KA Jarak Jauh atau rata-rata 214 KA per hari dengan ketepatan waktu mencapai 99%. Saat puncak arus mudik pada H-2 atau Sabtu (30/4), KAI mengangkut sebanyak 208.092 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+1 atau Rabu (4/5) sebanyak 283.736 pelanggan.

Rute favorit pelanggan yaitu Jakarta - Yogyakarta pulang pergi (PP), Jakarta - Purwokerto PP, Jakarta - Semarang PP, Jakarta-Bandung PP, Jakarta - Surabaya PP, Bandung - Yogyakarta PP, dan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...