Mayoritas Anggota Parlemen Setuju Finlandia Bergabung dengan NATO

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Mei 2022, 08:05
Finlandia
ANTARA FOTO/REUTERS/Lehtikuva/Jussi Nukari /aww/cf
Sepatu, boot dan lilin diletakkan saat demonstrasi yang diselenggarakan Assosiasi Ukraina di Finlandia untuk menghormati memori anak-anak yang tewas di tengah invasi Rusia ke kota Mariupol Ukraina, di Helsinki, Finlandia, Minggu (10/4/2022).

Mayoritas anggota parlemen Finlandia menyetujui proposal bahwa negara itu akan bergabung menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Aksi pemungutan suara dilakukan pada Selasa (17/5) waktu setempat.

Dikutip dari Reuters, persetujuan memasuki aliansi militer tersebut merupakan perubahan kebijakan bersejarah yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Ketua Parlemen Finlandia Matti Vanhanen mengatakan, dalam pemungutan suara, sebanyak 188 dari 200 anggota parlemen menyatakan mendukung proposal itu, sedangkan delapan anggota lainnya menentang.

Sebelumnya, pada Minggu (15/5), Presiden Finlandia Sauli Niinisto resmi memutuskan Finlandia akan mengajukan permohonan keanggotaan kepada NATO. Namun, keputusan itu masih harus menunggu persetujuan parlemen.

Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto mengatakan tidak ada alasan untuk merayakan keputusan tersebut karena sedang ada perang di Eropa.

Menurut dia, keanggotaan Finlandia di NATO tidak akan mengubah pemikiran dasar bahwa seluruh masyarakat akan selalu mencari penyelesaian damai.

"Kita adalah bangsa yang cinta perdamaian yang karena itu akan pertama-tama dan mengedepankan penyelesaian diplomatik atas setiap konflik," katanya dalam sidang parlemen dikutip Reuters, Rabu (18/5).

Di sisi lain, salah satu anggota parlemen yang tidak setuju pada keanggotaan Finlandia di NATO adalah Markus Mustajarvi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...