Moeldoko: Pemerintah Siap Fasilitasi Pemuda yang Berani Bertani

Lavinda
Oleh Lavinda
11 Juni 2022, 16:20
Moeldoko
Katadata
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengukuhkan wisudawan dan wisudawati SMK PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur, Sabtu (11/6).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan pemerintah akan memfasilitasi para generasi muda yang berani bercocok tanam dan menjadi petani di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Moeldoko di hadapan ratusan wisudawan dan wisudawati Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK 1 PGRI Mejayan, Madiun, Jawa Timur, Sabtu (11/6).

Seruan Moeldoko bukan tanpa alasan. Pada 2022, Organisasi Pangan dan Pertanian atau Food and Agriculture Organization (FAO) menyerukan kewaspadaan dunia menghadapi ancaman krisis pangan, imbas Covid-19 dan perubahan iklim yang diperburuk oleh konflik Rusia-Ukraina.

"Kita sedang dihadapkan pada situasi global yang tidak menentu yang mengakibatkan harga pangan dunia naik. Oleh karenanya, saya menantang anak-anak saya disini, kalau kalian siap untuk bertani, pemerintah siap untuk memfasilitasi kalian," kata Moeldoko seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (11/6).

Moeldoko mengapresiasi karya siswa-siswi sekolah kejuruan tersebut, khususnya di bidang pertanian dan pangan. Oleh karenanya, Ia juga mengajak para siswa untuk mengembangkan budidaya sorgum, sebagai salah satu alternatif pangan.

"Ada sekitar 4000 hektar lahan di Waingapu, NTT, yang disiapkan untuk budidaya sorgum. Kalau anda mau jadi orang tangguh, mari kembangkan sorgum dan mari bersama saya bersiap menghadapi ancaman situasi krisis," kata Moeldoko.

Tidak hanya mengukuhkan para wisudawan wisudawati angkatan 2022, Moeldoko juga turut meresmikan unit usaha 'Rice Milling' yang digiatkan oleh siswa siswi SMK 1 PGRI Mejayan. Mesin penggiling padi ini pun merupakan karya siswa siswi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...