Pemerintah Tunjuk PBNU Gelar Forum Religion 20, Undang Paus Fransiskus

Image title
20 Juni 2022, 22:09
PBNU
ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (keenam kiri), Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar (tengah), Rais Syuriah PWNU Jawa Timur KH Anwar Manshur (kelima kanan), Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta (kedua kiri) serta jajaran fokopimda Jatim dan pengurus PWNU Jatim menghadiri Peluncuran Hitung Mundur Satu Abad NU dan Halal Bihalal di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022).

Pemerintah menunjuk Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) untuk mengadakan forum R20 atau Religion 20. Forum tersebut merupakan acara pelengkap atau side event dari Government 20 (G20).

Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU), Yahya Cholil Staquf menyampaikan, acara tersebut rencananya akan dilaksanakan di antara pertengahan Oktober hingga pertengahan November, saat puncak acara G20 akan dihelat.

Advertisement

"Tanggal pastinya masih dalam pembicaraan dengan pemerintah dan para pemimpin agama," ujar Yahya dalam Konferensi Pers Kick Off Peringatan Satu Abad NU pada Senin (20/6) malam.

Acara tersebut rencananya akan mengundang beberapa pemimpin agama yang berpengaruh di dunia. Beberapa di antaranya, yaitu: Pemimpin Gereja Vatikan, Paus Fransiskus; Pemimpin Gereja Anglikan di Inggris, Uskup Justin Welby; Uskup Agung Konstantinopel, Patriark Bartholomew; Pemimpin Agama Buddha Internasional, Raja Norodom Sihamoni; Pemimpin Agama Hindu Internasional, Sri Ravi Shankar; dan tokoh pemimpin agama lainnya.

“Dari kalangan muslim dunia akan mengundang Syeikh Al-Azhar, Syeikh Ahmad Al Tayyeb dan para tokoh lain,” kata Yahya.

Tak hanya R20, NU juga berencana mengadakan sembilan rumpun besar acara dalam rangka Peringatan Satu Abad NU yang akan jatuh pada tanggal 16 Rajab 1444 atau 7 Februari 2023.

“Ada sembilan klaster kegiatan yg sedang dipersiapkan. Malam ini kick off. Kalau dalam sepak bola itu nendang, tapi malam ini tidak ada yg ditendang,” ujarnya.

Salah satu agenda yang akan dijalankan yaitu, Muktamar International Fiqh. Steering Committee Peringatan Satu Abad NU, Yenny Wahid menyampaikan, dalam acara tersebut, para pemikir fiqh dari berbagai belahan dunia akan hadir berdiskusi.

“Jadi membawanya dalam konteks kekinian dan menjawab permasalahan kontemporer dunia,” terang Yenny pada kesempatan yang sama.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement