PDIP Pastikan Koalisi untuk Pemilu 2024, Tak Jadi Bentuk Poros Tunggal

Image title
30 Juni 2022, 21:50
PDIP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) membacakan rekomendasi eksternal saat Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Setelah memberi sinyal akan membentuk poros tunggal, kini Partai Indonesia Demokrasi Perjuangan (PDIP) memastikan akan menggunakan strategi koalisi dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP, Effendi Simbolon mengatakan penjajakan koalisi ke depan berpotensi dilakukan dengan menyodorkan nama Puan Maharani sebagai calon presiden (Capres).

“Pasti koalisi. Cuma Insyaallah calonnya Ibu Puan. Kami coba pokoknya ikhtiar,” ujar Effendi pada Kamis (30/6) di Kompleks Parlemen.

Menurut Effendi, utusan PDIP telah menemui perwakilan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk menjajaki peluang koalisi. Menurutnya, hubungan di antara kedua partai tergolong cair dan tidak kaku.

“Sama Gerindra sudah ketemu. Hubungannya tidak kakulah,” katanya.

Diketahui, para kader Gerindra berencana untuk mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto sebagai Capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang. Jika PDIP berkoalisi dengan Gerindra, maka keduanya berpotensi sama-sama membawa ambisi untuk mengusung Capres.

Menanggapi dinamika tersebut, Effendi enggan berkomentar lebih jauh, sebab hingga kini PDIP secara organisasi belum resmi mengusung satupun nama Capres. Keputusan tersebut berada di tangan ketua umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Posisinya saya tidak tahu Prabowo-Puan atau Puan-Prabowo. Itu tergantung Ibu (Megawati). Cuma kemungkinan berkoalisi dengan Gerindra besar,” jelasnya.

Selain Gerindra, PDIP juga berencana untuk melakukan penjajakan koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Saat ini, PKB diketahui telah berkoalisi dengan Gerindra. Oleh sebab itu, PDIP membuka pintu selebar-lebarnya dengan PKB.

“Kan, sama Gerindra memungkinkan. Sama PKB juga besar,” ujar Effendi.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...