Jokowi Sampaikan Pesan Zelensky ke Putin, dan Siap Jadi Juru Damai

Lavinda
Oleh Lavinda
1 Juli 2022, 06:00
Jokowi
ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap menjadi juru damai antara dua negara yang sedang berseteru, yakni Rusia dan Ukraina.

Hal ini disampaikan dalam keterangan pers usai bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6) waktu setempat. Sehari sebelumnya, Jokowi juga bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky , Kyiv.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers seperti dikutip dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jumat (1/7).

Jokowi mengatakan, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, tetapi menurut dia, penyelesaian damai merupakan hal penting untuk terus dikedepankan, termasuk pula membuka ruang-ruang dialog.

Konstitusi mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. “Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...