Survei: Mayoritas Warga Tak Tahu Indonesia Jadi Presidensi G20

Image title
12 Juli 2022, 07:05
Presidensi G20
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.
Delegasi negara G20 mengikuti rapat pertemuan kedua "Trade, Industry, and Investment Working Group (TIIWG) Presidensi G20 di Solo, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022).

Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan, mayoritas masyarakat tak mengetahui bahwa Indonesia merupakan pemegang presidensi G20 atau Group of 20, pada 2022.

Dari seluruh responden, hanya 30% yang menyatakan tahu bahwa Indonesia merupakan presidensi dan tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022.

Awareness (kesadaran) warga lebih tinggi pada kelompok laki-laki, usia 25 tahun ke bawah, pendidikan dan pendapatan menengah atas,” kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi pada Senin (11/7).

Sebagaimana diketahui, salah satu negara anggota G20, yaitu Rusia kini tengah berkonflik dengan Ukraina. Konflik tersebut pun membawa sejumlah dampak dalam berbagai sektor di kancah dunia.

Terkait dengan konflik yang tengah terjadi, Rusia diboikot negara-negara anggota G20 lainnya untuk hadir dalam KTT G20. Beberapa negara yang menentang kehadiran Rusia yaitu Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Inggris.

Dalam hasil survei yang dilakukan IPI, sebanyak 75,8% menginginkan agar Indonesia tetap mengundang Rusia dalam KTT G20 pada November mendatang. Dari 75,8% tersebut, sebanyak 7,9% menyatakan sangat setuju dan 67,9% menyatakan setuju.

Kemudian, sebanyak 78% responden menginginkan agar Indonesia mengundang Rusia bersama Ukraina hadir dalam KTT G20. Sebanyak 6,4% menyatakan sangat setuju, sementara 71,6% menyatakan setuju.

Upaya untuk menghadirkan Rusia dan Ukraina yang beberapa waktu lalu disambangi oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo diharapkan masyarakat dapat menciptakan perdamaian.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...