Komnas HAM Jadi Bagian Tim Khusus Kasus Baku Tembak Dua Anggota Polisi

Image title
14 Juli 2022, 08:04
Baku tembak
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah), didampingi Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kanan), Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto (kedua kiri) memberikan keterangan pers terkait insiden baku tembak sesama polisi di Mabes Polri, Jakarta. Selasa (12/7/2022).

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjadi bagian dari pihak eksternal yang dilibatkan dalam tim khusus (timsus) untuk mengusut baku tembak antar-anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Komisioner Pemantauan/ Penyelidikan Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam mengatakan, Komnas HAM sedang mengumpulkan petunjuk untuk mengungkap kejanggalan dalam kasus ini.

“Kami mendalami semua potensi yang ada,” katanya di Mabes Polri pada Rabu (13/7) malam.

Meski masih tahap awal, Komnas HAM berupaya mengumpulkan berbagai informasi dan mempelajari kasus ini lebih dalam, termasuk soal luka pada tubuh korban serta karakter dan penggunaan senjata.

“Kami mempelajari semuanya. Itu semua sudah kami konsolidasi,” ujar Anam.

Sementara itu, terkait hasil autopsi jenazah korban, yaitu Brigadir J, Komnas HAM belum memperoleh salinan dokumennya. Walau demikian, menurut Anam, pihaknya telah mendapatkan gambaran awal dari berbagai informasi di media massa terkait luka dan indikasi lain.

“Semua karakteristik begitu sudah kami kumpulkan,” katanya.

Oleh sebab itu, sejauh ini pihak Komnas HAM belum terlibat terlalu jauh dalam tindakan di lapangan, termasuk kegiatan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan oleh tim khusus pada Rabu (13/7) siang.

“Tidak (ikut). Kami masih tahapan awal. Kami monitoring,” jelasnya.

Sebagai langkah lanjutan, Anam menyampaikan bahwa Komnas HAM akan memanggil seluruh pihak yang terlibat dalam peristiwa ini. Pihak-pihak yang dimaksud di antaranya: Bharada E, keluarga Brigadir J, dan Kadiv Propam beserta isterinya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...