Ridwan Kamil dan Khofifah Jadi Pendatang Baru Tiga Besar Bursa Capres

Image title
15 Juli 2022, 07:42
Capres
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan usai mengukuhkan Satgas Saber Pungli di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/4/2022).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak lagi masuk ke dalam tiga besar calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi di Jawa Barat. Padahal dua tokoh lainnya, tetap masuk ke tiga besar capres elektabilitas tertinggi.

Hasil survei Charta Politika menunjukkan, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan masih berada di tiga besar daftar Capres dengan persentase 26,9% dan 22%.

Adapun pendatang baru di tiga besar, yaitu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan elektabilitas 19,5%. Nama Ganjar Pranowo pun mengekor dengan elektabilitas 15,2%.

“Pada sisi elektabilitas calon presiden, Prabowo Subianto mendapatkan pilihan tertinggi diikuti berikutnya oleh Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam keterangannya pada Kamis (14/7).

Enam tokoh lain yang berada di 10 besar, memiliki elektabilitas kurang dari 3%, di antaranya: Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,9%; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno 2,3%; Menteri Koordinator Bidang Merekonomian, Airlangga Hartarto 1,8%; Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir 1,3%; Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani 0,7%; dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa 0,3%.

Sementara di Jawa Tengah, nama Ganjar Pranowo masih masuk ke dalam tiga besar capres elektabilitas tertinggi. Bahkan dirinya unggul telak dibandingkan tokoh lainnya dengan elektabilitas 71,5%. Kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto 7,6% dan Anies Baswedan 6,2%.

“Ganjar Pranowo sangat mendominasi pilihan publik Jawa Tengah sebagai calon presiden. Dalam simulasi yang diberikan pilihan terhadap Ganjar Pranowo jauh berada di atas nama-nama lainnya,” jelas Yunarto.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...