Kemensos Telah Bagikan Bansos BBM ke 445 Kabupaten/Kota

Rizky Alika
6 September 2022, 21:30
Bansos
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Pemerintah mengguyurkan bantuan sosial (bansos) sebagai pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Dalam perkembangannya sampai Selasa (6/9) hari ini, dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) telah dikirim ke 445 kabupaten/kota.

"Penerima BLT ada di 514 kabupaten/kota. Hari ini pembayaran sudah di 445 kota/kabupaten," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam diskusi daring, Selasa (6/9).

Penyaluran BLT dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Adapun, Kementerian Sosial telah memberikan dana BLT kepada Pos sebesar Rp 1,79 triliun. Besok (7/9), perusahaan pelat merah itu akan kembali menyalurkan BLT BBM di 69 kabupaten/kota.

Selain itu, Pos juga membersihkan 330.701 data Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hal ini dilakukan lantaran ada laporan KPM yang pindah atau meninggal dunia.

"Dalam satu hari bisa ada yang meninggal, juga ada yang pindah," ujar mantan Wali Kota Surabaya itu.

Kemudian, Kementerian Sosial dan Pos tengah mempersiapkan 1,85 juta data KPM. Data tersebut merupakan penerima yang tinggal di daerah sulit untuk dijangkau.

Untuk menyalurkan BLT di daerah tersebut, pemerintah akan menyewa kendaraan operasional, seperti helikopter. "Penyewaan helikopter ke Nduga dan beberapa tempat di Papua," ujar dia.

Pada daerah tersebut, pemerintah akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, kepala suku, dan tokoh agama.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...