Enam Proyek Migas Mangkrak Dilirik Investor, Ada yang Jadi Mini LNG

Muhamad Fajar Riyandanu
24 September 2022, 11:53
Migas
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.
Sebuah kapal berlabuh di sekitar stasiun terapung suplai minyak dan gas lepas pantai di perairan Jawa Barat, Rabu (11/11/2020).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan beberapa proyek migas yang sebelumnya mangkrak kini mulai dilirik oleh investor.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyebutkan, dari 12 proyek migas yang mangkrak, ada lima sampai enam proyek yang sudah menunjukan pertumbuhan positif. Beberapa di antaranya ialah, Lapangan Ande-Ande Lumut di Blok Northwest Natuna di Kepulauan Riau, dan Blok Nunukan di Kalimantan Utara.

"Sudah ada jalan keluar tapi masih dalam proses. Misalnya Blok Ande-Ande Lumut dan Nunukan. Blok-blok itu keekonomiannya mepet jadi memang harus tetap kami bahas," kata Dwi saat ditemui wartawan di Kementerian ESDM pada Jumat (23/9).

Rencana pengembangan atau Plan of Development (POD) Blok Nunukan mangkrak karena belum ada pihak yang bersedia menyerap sumber gas dari lapangan tersebut.

Menurut Dwi, ada pihak Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang sedang menghitung keekonomian proyek di Blok Nunukan. Seandainya negosiasi KKKS di Blok Nunukan kembali pupus, pemerintah akan menjadikan Blok Nunukan sebagai proyek mini Gas Alam Cair atau LNG.

“Ke depannya, untuk Nunukan, kami sudah punya solusi untuk dibangun mini LNG atau kilang methanol. Mungkin mini LNG karena permintaan LNG sedang tinggi,” sambungnya.  

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...