Pernikahan Kaesang dan Erina, Jokowi Titip Pesan dan Merasa Plong

Dalam momentum pernikahan Kaesang, Jokowi mendoakan putra dan menantunya menjadi sepasang suami istri dan dapat membina keluarga kecil yang hidup rukun dan harmonis sepanjang masa.
Lavinda
Oleh Lavinda
10 Desember 2022, 18:46
Kaesang
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) memberikan keterangan pers usai akad nikah putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, telah sah menikahi Erina Sofia Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Dalam momentum tersebut, Jokowi mendoakan putra dan menantunya menjadi sepasang suami istri dan dapat membina keluarga kecil yang hidup rukun dan harmonis sepanjang masa.

"Kami mendoakan agar Mas Kaesang dan Mbak Erina bisa segera menempuh hidup baru. Saya pesan saling pengertian, saling melengkapi, kemudian rukun harmonis sepanjang masa sampai kaken-kaken ninen-ninen (kakek-kakek, nenek-nenek)," kata Presiden Jokowi usai acara akad nikah Kaesang dan Erina, seperti dikutip Antara, Sabtu (10/12).

Jokowi mengaku bahagia sekaligus lega karena acara ijab kabul putra terakhirnya telah tuntas dan berjalan dengan lancar.

"Senang bahagia lega, apalagi ya, plong," kata Jokowi sembari tertawa.

Ibu Iriana yang berada di samping Jokowi kemudian menimpali, bahwa setelah seluruh putra-putrinya kini telah menikah, sehingga dirinya hanya tinggal berdua bersama Presiden Jokowi.

"Tinggal berdua, tapi nanti tambah cucu-cucu," ujar Iriana.

Saat ditanya berapa cucu yang diinginkan dari Kaesang dan Erina, Jokowi meminta awak media menanyakan langsung kepada Kaesang. 

Kaesang Pangarep resmi menjadi suami Erina Sofia Gudono setelah menjalani akad nikah di Pendopo Agung Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (10/12) yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam acara akad nikah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno ditunjuk sebagai saksi dari pihak mempelai wanita, sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebagai saksi pihak mempelai pria.

Setelah akad, Kaesang dan Erina kemudian menjalani prosesi adat 'panggih', dan ditutup dengan foto bersama para tamu undangan.

Dalam acara tersebut, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga menyampaikan khotbah nikah dan doa kepada Kaesang dan Erina.

Sejumlah pejabat turut menyaksikan momen sakral tersebut, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta istri, serta sejumlah pejabat lainnya.

Hadir pula mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas, Ketua MPR RI Bambamg Soesatyo, Budayawan Butet Kertaredjasa, hingga tokoh agama Gus Muwafiq.

Beberapa artis dan rekan Kaesang juga tampak hadir, antara lain Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Deddy Mahendra Desta, Irfan Hakim, dan Chef Arnold.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait