Kebakaran Hutan, BMKG Deteksi Delapan Titik Panas di Kaltim

Lavinda
Oleh Lavinda
23 Maret 2023, 18:42
Kebakaran
ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.
Ilustrasi titik panas

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan kembali mendeteksi delapan titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sebelumnya, terjadi pula kebakaran hutan dengan 15 titik panas di wilayah berbeda, pada kabupaten yang sama.

Delapan titik panas tersebut terpantau hari ini, Kamis (23/3), mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 Wita. Temuan tersebut  kemudian langsung disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat Provinsi Kaltim, maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

"Sebaran titik panas tersebut telah kami informasikan kepada pihak terkait agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan, Diyan Novrida dikutip dari Antara, Kamis (23/3).

Sehari sebelumnya, Rabu (22/3), pihaknya juga mendeteksi sebanyak 15 titik panas yang tersebar di tiga kabupaten di Kaltim, yakni Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur. Namun titik panas tersebut telah padam setelah dilakukan penanganan oleh pihak terkait.

Sedangkan delapan titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada yang masih dalam satu kabupaten yang sama.

Sebanyak delapan titik panas yang terdeteksi hari ini tersebar pada dua kabupaten, yakni di Kabupaten Kutai Kartanegara tiga titik dan di Kabupaten Kutai Timur terdapat lima titik panas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...