ECB Minta Raiffeisen Bank Austria Setop Bisnisnya di Rusia

Lavinda
Oleh Lavinda
24 Maret 2023, 14:54
Rusia
Industry.co.id
Wina, ibu kota Austria

Bank Sentral Eropa (ECB) meminta bank asal Austria, Raiffeisen Bank International Austria (RBIV.VI) untuk melepaskan bisnisnya yang menguntungkan di Rusia.

Berdasarkan lima orang sumber yang dikutip dari Reuters, tekanan tersebut muncul setelah seorang pejabat tinggi bagian pengawasan Amerika Serikat (AS) menyuarakan keprihatinan tentang bisnis Raiffeisen di Rusia dalam kunjungan ke Wina bulan lalu.

Dorongan dari Washington dan ECB menaikkan nilai tawar Austria dan bank terbesar kedua yang memainkan peran kunci dalam ekonomi Rusia. Pasalnya, posisinya semakin diperebutkan di tengah perang yang telah terjadi antara Rusia dan Ukraina selama setahun terakhir ini.

Dua orang sumber yang diwawancarai Reuters mengatakan, ECB tidak meminta Raiffeisen untuk segera meninggalkan Rusia, melainkan hanya melepas bisnis yang mencakup penjualan atau penutupan bank Rusia.

"Kami telah meminta bank untuk terus memantau bisnis di Rusia, dan idealnya, menguranginya dan menghentikannya sebanyak mungkin," kata juru bicara ECB, menambahkan hal sama yang telah dilakukan dengan semua lembaga terkait sejak Moskow. meluncurkan invasi ke Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...