Koalisi Perubahan Resmi Deklarasi, Usung Anies Baswedan Jadi Capres

Ade Rosman
24 Maret 2023, 20:18
Koalisi Perubahan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Demokrat Anies Baswedan (kanan) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) berjabat tangan saat akan menghadiri dialog gagasan Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (2/3/2023). Dialog itu merupakan bagian dari upaya untuk membangun kontestasi gagasan di Pemilu 2024.

Tiga partai politik (parpol) pendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yaitu, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi mendeklarasikan Koalisi Perubahan.

Kepastian tersebut disampaikan oleh perwakilan tiga parpol dalam konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3).

Advertisement

"Telah ditandatanganinya piagam Koalisi Perubahan. Intinya adalah dengan piagam itu maka secara formal, kolektif, ketiga partai telah memutuskan secara bulat mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024," kata perwakilan Anies, Sudirman Said.

Selain Sudirman, dalam konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari tiga partai politik pengusung Anies, yaitu Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya dan Sugeng Suparwoto, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dan Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf, serta Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Di sisi lain, Riefky mengungkapkan enam butir kesepakatan yang terdapat dalam piagam koalisi.

Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau yang disebut dengan Koalisi Perubahan. Kedua, mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024-2029.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement