Konsumsi BBM Naik Jelang Lebaran, Pemerintah Siagakan SPBU dan DPPU

Muhamad Fajar Riyandanu
10 April 2023, 22:08
BBM
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/tom.
Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) menyiapkan BBM dan LPG untuk layanan "delivery service" di SPBU Sawahan Padang, Sumatera Barat, Senin (3/4/2023).

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina telah menyiapkan 114 terminal BBM, 7.491 SPBU dan 68 depot pengisian pesawat udara (DPPU). Hal itu dilakukan untuk mengatasi kenaikan permintaan energi selama masa Idulfitri 2023.

"Secara umum kondisi ketahanan stok BBM berada di kondisi aman, baik gasoline dan gasoil dengan ketahan stok di atas 16 hari," ujar Erika dalam Konferensi Pers Pelaksanaan Posko Nasional pada Senin (10/4).

Advertisement

Selain itu, pemerintah juga menyiagakan 23 terminal elpiji, 667 stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) hingga 5.471 agen elpiji. "Dengan kondisi stok elpiji nasional aman rata-rata berkisar 15 sampai 17 hari," kata Erika.

BPH Migas memprediksi konsumsi harian bahan bakar minyak (BBM) selama periode Hari Raya Idulfitri 2023 meningkat. Serapan BBM jenis gasoline atau bensin berpotensi naik hingga 10,3% dari konsumsi harian normal.

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, memaparkan peningkatan distribusi BBM juga bakal terjadi pada sektor industri penerbangan. Menurutnya, tingkat konsumsi Avtur bisa naik hingga 7,3%.

Di sisi lain, konsumsi BBM jenis gasoil atau minyak solar dan kerosene (minyak tanah) masing-masing turun 8,7% dan 1,4%. "Diprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi harian BBM selama Hari Raya Idulfitri 2023," kata Erika.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement