Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat Tarawih Bersama, Akur Pasca-Gagal U20?

Lavinda
Oleh Lavinda
11 April 2023, 04:45
Jokowi
Instagram @ganjar_pranowo
Jokowi dan Ganjar salat tarawih jamaah di Masjid Syeikh Al Zayed, Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama-sama melakukan salat tarawih jamaah di Masjid Syeikh Al Zayed, Solo. Kebersamaan ini terjadi setelah hubungan keduanya diisukan renggang pasca-kegagalan Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20.

Sejumlah pihak menilai pencabutan izin dari Federasi Sepak Bola Internasional FIFA disebabkan penolakan pemimpin daerah atas kedatangan Tim Nasional Israel ke Indonesia, salah satunya oleh Ganjar. Peristiwa ini juga menimbulkan kontroversi. Banyak masyarakat yang juga pecinta sepak bola kecewa dengan tindakan Ganjar, adapula yang sepakat dengan pendapatnya, karena sesuai dengan sikap konstitusi sejak lama.  

Kebersamaan antara Jokowi dan Ganjar terlihat dari unggahan Ganjar di akun resmi Instagramnya, Senin (10/4). Tak hanya sekali, Ganjar bahkan mengunggah foto momentum kebersamaan dengan Kepala Negara sebanyak enam kali di linimasa akunnya. 

"Menjelang 10 hari terakhir Ramadan, alhamdulillah bisa melaksanakan tawarih di Masjid Raya Syekh Zayed Solo bareng Presiden @Jokowi," tulis Ganjar sembari menyebut akun instagram Jokowi di dalamnya. 

Sebelumnya, Ganjar mengunggah momentum ketika mendampingi orang nomor satu di republik ini untuk meninjau harga kebutuhan pokok menjelang lebaran di Pasar Selo dan Pasar Cepogo, Boyolali. Mereka kemudian beranjak ke Bulog Kartosuro, Sukoharjo, untuk meninjau ketersediaan beras.

"Bagi kami, kata-kata ini adalah pengingat agar para pemimpin tidak lupa dengan tugas, tanggung jawab, dan amanah rakyat. Sembari jalan, saya dan Pak Jokowi tebak-tebakan apa saja yang dikenal orang dari Boyolali. Susu sapi, Gunung Merbabu, soto seger, apa lagi ya?," tulis Ganjar di unggahan sebelumnya.

Ratusan netizen pun turut meramaikan kolom komentar di unggahan Ganjar, salah satunya akun @Ariiess yang menuliskan :"Udah 6x post bareng pak Jokowi... Benar-benar memanfaatkan moment."

Adapula rzytta_z yang juga mengungkapkan kekecewaannya, "Elektabilitas kok melorot. Kau hancurkan mimpi kami pecinta bola."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...