Pemerintah Kejar Target Rencana Investasi JETP Rampung 16 Agustus 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Mei 2023, 19:44
JETP
Website Kementerian ESDM
Gedung Kementerian ESDM

Kementerian ESDM menargetkan penyusunan rencana investasi komprehensif atau comprehensive investment plan (CIP) untuk program pendanaan Just Energy Transition Partnership Investment (JETP) rampung pada 16 Agustus 2023.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, mengatakan dokumen rencana investasi JETP berisikan proyek prioritas, rencana pembiayaan, dan bantuan teknis.

"CIP diharapkan selesai pada Agustus 2023," kata Dadan lewat pesan singkat pada Jumat (12/5).

Saat ini, dokumen tersebut masih disusun oleh Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan PT PLN. "Peta jalan percepatan pengakhiran masa operasional PLTU yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan CIP," ujar Dadan.

Adapun, Kantor Sekretariat JETP telah diresmikan pada 16 Februari 2023, bertempat di Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Sekretariat JETP sudah mulai beroperasi dengan ditunjuknya Kepala Sekretariat dan beberapa anggota Project Management Officer (PMO).

Tugas utama sekretariat JETP dalam enam bulan pertama, yakni melakukan koordinasi dengan kelompok kerja hingga penyusunan CIP yang ditarget selesai paling lambat pada Agustus 2023.

"Sekretariat ini juga melakukan koordinasi dengan pihak IPG untuk mendorong percepatan investasi atau proyek ril," ujar Dadan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...