PAN Dukung Capres Manapun yang Gandeng Erick Thohir Sebagai Wakilnya

Lavinda
Oleh Lavinda
19 Mei 2023, 10:07
Erick Thohir
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyampaikan paparan saat Refleksi Akhir Tahun DPP PAN di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau PAN Eddy Soeparno mengungkapka, partainya akan memberikan dukungan pada calon presiden yang memilih Erick Thohir sebagai calon wakil presidennya.

“Siapapun yang mengambil Erick Thohir sebagai cawapres, akan memudahkan kami membuat keputusan,” kata Eddy kepada Katadata.co.id, Rabu (17/5).

Ia mengatakan, saat ini PAN sangat dekat dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia itu. Eddy mengatakan, kedekatan PAN dengan Erick Thohir sudah sangat lama, karena menurutnya ada kesamaan di antara PAN dengan Menteri BUMN tersebut.

Eddy mengklaim Erick sering menghadiri kegiatan-kegiatan agenda PAN. Bahkan, menurutnya nuansa pakaian Erick sama dengan warna yang identik dengan PAN yaitu biru. Oleh karena itu, tambah Eddy, kader-kader PAN merasa dekat dengan Erick.

“Tidak heran kalau kader-kader PAN sekarang menghendaki bahwa pak Erick Thohir diproyeksikan sebagai salah seorang calon yang akan kita dorong nanti di 2024,” katanya.

Di sisi lain, Eddy berpandangan Presiden Joko Widodo memiliki penilaian yang baik terhadap Erick. Pasalnya, Eddy mengatakan, selain menjadi Menteri BUMN, Erick juga dinilainya sukses dalam jabatan lain yang diembannya.

Saat ini, PAN tengah tergabung dengan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Di antara ketiga partai politik yang tergabung dalam KIB, PPP menjadi satu-satunya yang telah memutuskan dukungan terhadap salah satu bacapres 2024. PPP memberikan dukungan pada bacapres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...