Menteri ESDM akan Tawarkan Blok Masela ke Pertamina Tahun Depan

Andi M. Arief
29 Mei 2023, 20:07
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata
Blok Masela

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berencana melelang kembali pengelolaan Blok Masela tahun depan, dan berpotensi dikelola oleh PT Pertamina (Persero). Pasalnya, tenggat waktu pengoperasian blok untuk memproduksi minyak dan gas bumi atau migas adalah lima tahun dan berakhir hingga 2024.

Saat ini, 65% pengoperasian Blok Masela dimenangkan oleh Inpex Corporation. Sebanyak 35% saham Blok Masela sejauh ini masih dimiliki oleh Shell Royal Dutch walaupun telah menyatakan hengkang dari proyek tersebut pada 2020.

Advertisement

"Kalau tidak segera diselesaikan pengoperasian Blok Masela, kami akan ambil opsi paling baik buat Indonesia. Ya mudah-mudahan dikelola PT Pertamina, memang kami tawarkan dulu," kata Arifin di Istana Kepresidenan, Senin (29/5).

Sejauh ini, Shell masih belum menyelesaikan penjualan atau divestasi sahamnya di Blok Masela ke Pertamina. Arifin menilai proses divestasi tersebut masih terhambat pada negosiasi kesepakatan harga.

Arifin menyampaikan lambatnya pengelolaan lapangan yang menyimpan cadangan gas sebesar 4 triliun kaki kubik (TCF) berimbas pada kerugian negara saat ini. Menurutnya, upaya monetisasi gas di Blok Masela masih tersendat karena sikap Shell yang tak kunjung melepas 35% hak partisipasi mereka kepada Pertamina.

"Sekarang ini yang dirugikan Indonesia, pemerintah tidak mau hal ini terjadi. Inpex sudah ada kesungguhan, tapi Shell ini sudah mundur dan tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement