Kementerian PUPR Siapkan 52.000 Pohon untuk Koridor Jalan Tol di IKN

Nadya Zahira
31 Mei 2023, 22:55
IKN
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Suasana proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (30/5/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyiapkan 52.000 pohon untuk ditanam di koridor Jalan Tol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jumlah pohon yang akan ditanam di koridor jalan tol tersebut akan terus bertambah hingga ratusan ribu pohon. Saat ini, sebanyak 89 jenis tanaman sedang dalam proses adaptasi dengan kondisi setempat.

“Nanti akan ditanam sebagai beautifikasi jalan tol dan dikelompokkan sesuai dengan jenis tanamannya," ujar Basuki melalui keterangan resmi, Rabu (31/5).

Basuki menyebutkan beberapa jenis tanaman yang siap ditanam adalah pulai, ketapang kencana, suren, damar, beringin, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol tersebut.

Basuki mengatakan, penanaman pohon tersebut mendapatkan suplai air dari Sungai Rawa Buaya dengan kapasitas maksimal 5.000 liter per hari yang akan dikelola oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) sebanyak 30 orang.  

Pembangunan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,325 km sendiri merupakan jalan lanjutan dari segmen 3A Karang Joang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km. Kemudian, jalan tol berlanjut menuju segmen 5A Sp. Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang ditargetkan rampung pada 2024.

Menteri Basuki mengatakan, pembangunan jalan tol IKN yang nantinya tersambung dengan jalan tol Balikpapan - Samarinda tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...