Jokowi: Pembangunan IKN Tak Boleh Berhenti meski Pemerintah Berganti

Lavinda
Oleh Lavinda
1 Juni 2023, 10:44
Jokowi
Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi berpidato dalam acara peringatan Hari Pers Nasional pada 2022

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara tidak boleh berhenti sekalipun pemerintahan berganti. Ini bertujuan untuk menghadirkan pembangunan adil dan merata.

Hal itu disampaikannya dalam pidatonya pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monumen Nasional (Monas) Jakarta pagi ini, Kamis (1/6). Ia menyebut butuh kesinambungan dan keberlanjutan untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan merata.

Jokowi menyebut personel dalam pemerintahan boleh berganti, tetapi perjuangan untuk pembangunan tidak boleh berhenti. "Keadilan, pemerataan, kesejahteraan adalah yang ingin kita wujudkan melalui reformasi struktural, peningkatan kualitas SDM, hilirisasi industri dan pembangunan IKN," ujarnya, Kamis (1/6).

Ia menekankan, kekayaan alam Indonesia harus bisa bermanfaat maksimal bagi kesejahteraan rakyat. Manfaat pembangunan itu, kata dia, juga harus bisa dinikmati masyarakat di luar pulau Jawa.

Dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila, Jokowi menyinggung peran penting ideologi negara itu terhadap pembangunan. Indonesia disebut berhasil menghadapi sejumlah tantangan berkat persatuan, kerja keras dan gotong royong bangsa Indonesia yany merupakan nilai-nilai dasar Pancasila.

"Alhamdulillah, Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonominya, menjaga stabilitas sosial politik, inflasi terkendali, investasi tumbuh, dan lapangan pekerjaan bisa bertambah," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan di depan anggota DPR yang menegaskan keberlanjutan pembangunan IKN. Hal itu setelah beberapa fraksi dalam rapat Paripurna pekan lalu masih meminta penundaan proyek tersebut.

Ia menyebut belanja negara tahun depan akan difokuskan pada belanja yang efisien dan mendukung beberapa program prioritas. Salah satu dari prioritas belanja tersebut yakni percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk keberlanjutan IKN dan proyek strategis nasional lainnnya.

Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...