Menteri PUPR Bawa Kabar Baik Hasil Kunjungan Investor Singapura ke IKN

Abdul Azis Said
1 Juni 2023, 15:08
IKN
Katadata
Ilustrasi Ibu Kota Negara Baru, Nusantara

Ratusan pengusaha asal Singapura mengunjungi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur kemarin, Rabu (31/5). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljoni membawa kabar baik hasil kunjungan para calon investor tersebut.

Basuki menyebut kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat langsung kepastian bahwa proyek itu berjalan. "Ternyata kemarin mereka (calon investor Singapura) yakin (proyek jalan), mudah-mudahan nanti diproses oleh Otorita IKN untuk ditindaklanjuti investasi," kata Basuki kepada awak media usai Upacara Hari Lahir Pancasila di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (1/6).

Meski demikian, ia enggan berkomentar banyak. Alasannya, wewenang mengurusi investasi berada di Otoritas IKN, sementara dirinya mengurusi pembangunan prasarana dasar.

Basuki membeberkan progres pembangunan IKN sudah mencapai 29%. Beberapa proyek seperti pembangunan jalan tol sudah berjalan sekitar 5%-10%. Sementara proyek bendungan sudah mencapai 91% dan diharapkan rampung bulan depan.

Selain itu, sebanyak 35 dari 75 paket proyek pada tahap awal pembangunan ini sedang berjalan. Sedangkan 40 paket lainnya diharapkan mulai berjalan bulan depan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kemarin mengajak 130 pengusaha Singapura berkunjung ke Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Kunjungan dilakukan untuk melihat secara langsung proyek tersebut.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...