Conrad dan Coro Energy Sepakat Jual Gas Blok Duyung ke Singapura

Muhamad Fajar Riyandanu
13 September 2023, 13:19
gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengelolaan WK Mahakam oleh Pertamina, menjadikan Pertamina sebagai penyumbang lebih dari 30% produksi minyak dan gas nasional pada tahun 2018.

Coro Energy Ltd, melalui anak usahanya di Singapura, Coro Energy Duyung Pte. Ltd, sepakat menjual gas dalam jangka panjang kepada perusahaan pembangkit asal singapura, SembCorp Pte Ltd pada Selasa (12/9).

Gas yang dijual berasal dari Lapangan Mako, Blok Duyung, Cekungan West Natuna, Kepulauan Riau. Blok Duyung merupakan blok gas yang dioperatori oleh Conrad Asia Energy dengan 76,5% hak partisipasi. Sementara itu Coro Energy Duyung yang memiliki 15% hak partisipasi  dan Empyrean Energy PLC dengan kepemilikan hak partisipasi 8,5 %.

Total volume penjualan gas ke SembCorp Pte Ltd mencapai 293 miliar kaki kubik (BCF) dan berpotensi meningkat ke angka 392 BCF.

Kesepakatan tidak mengikat itu juga telah disetujui oleh otoritas hulu migas Indonesia, SKK Migas. Ketentuan itu mengatur penjualan gas dari Lapangan Mako sejak awal masa produksi hingga masa akhir kontrak bagi hasil atau production sharing contract (PSC) di Blok Duyung berakhir pada 2037.

Executive Chairman Coro Energy James Parsons mengatakan keputusan penjualan gas ke SembCorp Pte Ltd merupakan langkah untuk mengurangi risiko komersial proyek perusahaan.

“Saya senang telah mendapatkan persetujuan penjualan gas di PSC Duyung, yang disetujui oleh pembeli dan, yang terpenting, didukung oleh pihak berwenang Indonesia," kata James dikutip dari marketscreener pada Rabu (13/9).

"Ini adalah langkah penting dalam mengurangi risiko komersial proyek kami, memposisikan kami dengan sempurna menerima tawaran dari proses farm-out yang dilakukan oleh operator, yang kami perkirakan akan segera terealisasi," ujar James.

Sebelumnya, SKK Migas memberikan tenggat waktu kepada Conrad Petroleum agar dapat mengoperasikan Lapangan Gas Mako secara komersial atau onstream pada kuartal I 2025.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...