Menteri ESDM Siapkan Aturan Pelepasan Sumur Migas Pertamina

Muhamad Fajar Riyandanu
22 September 2023, 14:47
Pertamina
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyiapkan aturan berbentuk terkait pelepasan aset sumur minyak dan gas (migas) Pertamina kembali ke negara. Aturan berbentuk keputusan menteri (Kepmen) ini membuka peluang perusahaan swasta mengelola sumur migas nasional.

Hal itu disampaikan Arifin menanggapi rencana pemerintah melepas sebagian sumur migas milik Pertamina kepada perusahaan swasta domestik maupun internasional.

Advertisement

Menurut Arifin, proses pelepasan sebagian aset sumur migas Pertamina sudah berjalan melalui mekanisme pengembalian ke negara. Aktivitas tersebut akan diatur di dalam Keputusan Menteri ESDM yang akan segera terbit. Namun, dia tak merinci detail waktu aturan itu akan terbit.

Dia hanya menjelaskan bahwa regulasi tersebut mengatur Pertamina untuk mengembalikan sumur-sumur migas yang tidak dikerjakan secara optimal. Kemudian, mengupayakan kerja sama dengan perusahaan migas swasta untuk pengembangan sumur tersebut.

Opsi menggandeng perusahaan swasta untuk pengembangan sumur migas berimpilikasi pada penyusutan hak partisipasi Pertamina pada sumur itu.

"Kami sudah kasih aturan untuk itu, bahwa mengizinkan sumur untuk bisa diberdayakan. Baik itu dilepas langsung atau Pertamina mau kerja sama," kata Arifin saat ditemui di sela-sela forum the 4 th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas Industry (ICIUOG) 2023 di Nusa Dua, Bali pada Jumat (22/9).

Pada kesempatan tersebut, Arifin menjelaskan latarbelakang terkait banyaknya sumur yang dikomandoi oleh Pertamina. Pertamina mendapat tanggung jawab untuk mengelola bejibun sumur migas dari wilayah kerja (WK) migas terminasi dari perusahaan migas swasta.

Pernyataan Arifin selaras dengan bunyi Pasal 2 Peraturan Menteri ESDM Nomor 23 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Wilayah Kerja dan Gas Bumi untuk Kontrak Kerja yang Akan Berakhir. "Kalau sumur Pertamina itu belasan ribu karena memang ada aturannya bahwa semua WK yang dikembalikan itu diserahkan ke Pertamina," ujar Arifin.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan kajian mengenai pelepasan sebagian sumur migas milik PT Pertamina kepada perusahaan migas swasta telah dibahas secara serius di forum rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement